Connect with us

Sains & Teknologi

2,5 Miliar Dinosaurus T-Rex Pernah Hidup di Bumi

Published

on

Jakarta, CNN Indonesia —

Tim peneliti Universitas California menyatakan jumlah dinosaurus Tyrannosaurus rex atau T-Rex yang hidup di Bumi bisa mencapai 2,5 miliar ekor. Peneliti menggunakan perhitungan berdasarkan ukuran tubuh, kematangan seksual, dan kebutuhan energi untuk memperkirakan jumlah T. rex di Bumi.

Tim peneliti jumlah itu berdasarkan dari 127.000 generasi dan dengan margin kesalahan yang sangat tinggi.

Melansir The Guardian, total populasi bisa jadi sedikitnya 140 juta atau sebanyak 42 miliar dengan nilai tengah 2,4 miliar mengingat ketidakpastian dalam panjang generasi makhluk itu, jangkauan dan berapa lama mereka berkeliaran.





Direktur Museum Paleontologi Universitas California, Charles Marshall menyampaikan perkiraan itu akan membantu para ilmuwan menghitung tingkat pengawetan fosil T. rex. Saat ini, sekitar 100 atau lebih fosil T. rex telah ditemukan, 32 di antaranya memiliki komposisi yang cukup untuk menyimpulkan bahwa mereka adalah dewasa.

“Jika ada 2,5 juta T-rex, bukan 2,5 miliar, kita mungkin tidak akan pernah tahu mereka ada,” ujar Marshall.

Melansir Science, memperkirakan kelimpahan dan tingkat pelestarian spesies yang punah membutuhkan data dari spesies yang masih hidup.

Marshall dkk. menggunakan hubungan antara kepadatan populasi dan massa tubuh di antara spesies hidup yang dikombinasikan dengan pengetahuan substansial tentang T. rex untuk menghitung variabel populasi dan tingkat pelestarian untuk T. rex pasca-remaja.

“Kami memperkirakan bahwa kelimpahannya pada suatu waktu adalah 20.000 individu, bahwa ia bertahan selama 127.000 generasi, dan bahwa jumlah total T. rex yang pernah hidup adalah 2,5 miliar individu, dengan laju pemulihan fosil 1 per 80 juta individu atau 1 per 16.000 individu di mana fosilnya paling melimpah,” kata para peneliti.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]




Source link

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210416185109-199-630999/studi-25-miliar-dinosaurus-t-rex-pernah-hidup-di-bumi

Continue Reading