Connect with us

Serba-serbi

5 Ledakan Amonium Nitrat Mematikan yang Pernah Terjadi

Published

on

Apalagi.id, Ragam – Amonium nitrat belakangan ini menjadi buah bibir. Sekitar 2.750 metrik ton bahan kimia tersebut diyakini menjadi sumber ledakkan di Lebanon pada Selasa sore (04/08).

The Guardian melaporkan, mengutip gubernur Beirut, Marwan Abboud, ledakan mengakibatkan separuh kota hancur dengan kerugian US$ 3 miliar (Rp 43,6 triliun). Selain itu, sekitar 100 orang tewas dan 4.000 lainnya terluka akibat ledakan. Menurut Menteri Kesehatan Lebanon Hamad Hassan, korban kemungkinan bertambah karena misi pencarian masih berlangsung.

NH4-NO3 atau Amonium nitrat adalah senyawa yang sangat eksplosif. Meskipun bisa digunakan dalam pupuk pertanian, namun juga digunakan dalam dinamit. Sebuah ledakan terjadi ketika amonium nitrat bersentuhan dengan api, atau karena goncangan yang memicu peledakan. Jika bahan kimia disimpan dalam jumlah besar, resiko ledakan dapat menyebabkan bencana besar dengan banyak korban.

Berikut lima ledakan terkait amonium nitrat seperti dilansir dari harian Sputnik, 5 Agustus 2020.

1. Ledakan di Gudang Tianjin Cina pada 2015

Mobil yang rusak terlihat melalui jendela bangunan yang rusak ketika asap mengepul dari puing-puing setelah ledakan di distrik baru Binhai di Tianjin, Cina, 13 Agustus 2015. [REUTERS / China Daily]

Dua ledakan besar terjadi di gudang-gudang industri di kota pelabuhan Tianjin, diikuti oleh kebakaran pada 12 Agustus 2015. Dua ledakan menyebabkan 110 personel darurat dan 55 warga serta karyawan tewas, lebih dari 790 orang terluka, dan delapan mayat belum ditemukan.

Menurut pihak berwenang, ledakan itu dipicu oleh barang-barang mudah terbakar yang disimpan di samping bahan kimia berbahaya, termasuk amonium nitrat dan natrium sianida.

Insiden itu mengakibatkan puluhan ribu orang mengungsi, menyebabkan kerusakan diperkirakan US$ 1,5 miliar (Rp 21,8 triliun). Pelepasan bahan kimia beracun ke udara menyebabkan rusaknya kehidupan laut di dekat lokasi ledakan.

Pages: 1 2 3 4 5

Continue Reading