Connect with us

Sains & Teknologi

Apple Kekurangan Chip, Produksi iPad dan MacBook Ditunda

Published

on

TEMPO.CO, Jakarta – Produksi perangkat Apple, tablet iPad dan laptop MacBook, tampaknya telah ditunda karena kekurangan komponen penting secara global, yaitu chip. Masalah kekurangan suku cadang utama juga mempengaruhi Apple.

Baca:
Produksi iPhone Dikabarkan Ikut Terdampak Krisis Chip Global

Dikutip Gizmochina, Kamis, 8 April 2021, kekurangan chip kini telah mempengaruhi bagian penting dari proses produksi MacBook, yaitu langkah memasang komponen pada papan sirkuit tercetak tepat sebelum perakitan akhir.

Berdasarkan sumber yang dekat dengan masalah tersebut, produksi iPad juga telah ditunda karena kekurangan layar dan komponennya. Hal ini telah mendorong raksasa yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu menarik kembali sebagian pesanan komponennya untuk kedua produk itu dari paruh pertama tahun ini hingga paruh kedua. 

Sumber dari dalam industri dan pakar lainnya juga percaya bahwa penundaan ini adalah tanda bahwa masalah kekurangan chip semakin serius. Dan dapat berdampak lebih buruk kepada perusahaan teknologi yang lebih kecil.

Apple adalah salah satu raksasa teknologi besar di dunia, yang menawarkan rantai pasokan luas dan kompleks. Pengaruh dan kemampuannya untuk memobilisasi pemasok kemungkinan besar membantunya mengatasi kekurangan komponen global, yang telah mempengaruhi berbagai pembuat mobil dan juga produsen elektronik.

Sampai saat ini, produksi iPhone belum terpengaruh oleh kekurangan tersebut. Namun, sumber tertentu menunjukkan bahwa pasokan komponen tertentu untuk perangkat ini juga “cukup ketat”.

Saat ini, kekurangan komponen hanya menjadi masalah rantai pasok bagi perusahaan, dan belum mempengaruhi ketersediaan produk bagi konsumen. Sayangnya, Apple menolak mengomentari masalah tersebut, seperti dikutip Nikkei Asia.

GIZMOCHINA | NIKKEI ASIA



Source link

https://tekno.tempo.co/read/1450697/apple-kekurangan-chip-produksi-ipad-dan-macbook-ditunda

Continue Reading