Connect with us

Sains & Teknologi

Dituding Curangi Benchmark AnTuTu, Ini Klarifikasi Realme

Published

on

Jakarta, CNBC Indonesia – Realme angkat bicara soal tudingan penipuan skor benchmark AnTuTu Realme GT. CMO Realme Global, Chase Xu mengatakan kemungkinan ada pemahaman berbeda dari produsen dan AnTuTu terkait mendapatkan skor tertinggi.

“Sejalan dengan tidak adanya standar atau pedoman resmi dari benchmark, jadi mungkin ada beberapa pemahaman yang berbeda antara produsen dan AnTuTu tentang cara mendapatkan skor tinggi pada benchmark,” kata Chase Xu dalam keterangannya pada CNBC Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Sebelum adanya kesimpulan akhir, menurutnya kara ‘cheating’ atau ‘curang’ mungkin menjadi misinterpretasi. Dia lebih merekomendasikan sebagai ‘skor tinggi yang belum diverifikasi’.


Chase Xu juga menyebutkan pihak Realme dan AnTuTu tetap melakukan komunikasi terkait masalah pengujian ini.

“Di samping itu, terkait dengan masalah pengujian yang diragukan oleh kedua belah pihak, kami tetap berkomunikasi dengan pihak AnTuTu secara positif hingga sekarang,” ujarnya.

Dia juga mengatakan skor benchmark yang hadir pada Realme GT merupakan data akurat di bawah versi terbaru AnTuTu Benchmark. Chase Xu juga memastikan pihaknya memiliki komitmen menghadirkan performa tinggi dan memberikan pengalaman sebenarnya pada pengguna smartphone.

“Skor benchmark dari Realme GT adalah data akurat di bawah versi terbaru dari AnTuTu Benchmark,” kata dia.

Sebelumnya AnTuTu menuding Realme menipu skor benchmark Realme GT yaitu 750.000 dan akhirnya memutuskan menghapus dari databasenya. Angka itu jauh lebih tinggi dari Mi11 dengan 708.000.

Untuk menipu skor benchmark, dikatakan ponsel menggunakan taktik penundaan saat menjalankan tes multithread-nya pada inti CU tercepat sebanyak mungkin. Dengan begitu akan menghasilkan skor besar.

Selain itu Realme GT juga memodifikasi gambar JPG yang digunakan AnTuTu. Ponsel tidak memproses gambar secara verbatim, menggunakan blok warna mosaic yang bertujuan mengurangi kualitas gambar.

Dengan begitu membuat waktu pemrosesan menjadi lebih rendah. Antutu memutuskan menghapus skor Realme GT selama tiga bulan namun juga mengancam jika tidak mengubah cara mendapatkan skor maka akan dilarang AnTuTu selamanya.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)


Source link

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210317162014-37-230872/dituding-curangi-benchmark-antutu-ini-klarifikasi-realme

Continue Reading