Connect with us

Sains & Teknologi

Fakta Jack Ma, Pria Berharta Rp 854 T Hilang Ditelan Bumi

Published

on

Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia tiba-tiba heboh mencari Jack Ma yang tidak terdengar kabarnya di publik. Dua bulan sudah pendiri Alibaba itu hilang Ditelan Bumi alias tak pernah terdengar kabarnya di publik.

Semua ini nampaknya bermula saat Ma mengkritik pemerintah China dan presiden Xi Jinping. Kejadian ini berlangsung pada Oktober 2020 lalu. Berikut fakta Jack Ma yang menghilang selama dua bulan, dirangkum CNBC Indonesia, Senin (4/1/2021).


Kritik Pemerintah dan Gagal IPO

Oktober lalu jadi rangkaian kejadian luar biasa bagi Ma. Dia mengkritik kebijakan pemerintah setempat dengan menilai mereka terlalu berhati-hati dan memprioritaskan manajemen resiko yang akhirnya membuat inovasi jadi berkurang. ‘

Selain itu Ma juga menyebut aturan perbankan yang ditetapkan oleh China merupakan ‘klub orang tua’.

Akibat kritikan itu, induk usaha Alipay, Ant Group gagal melantai di bursa. Beberapa hari sebelum IPO awal November, Bursa Saham Shanghai melakukan penundaan karena pelaporan transparansi lalu diikuti Bursa Hongkong mengumumkan penghentian sementara IPO Ant Group.

Alibaba Diselidiki, Ant Group Dibimbing Pemerintah

Setelah itu, pemerintah setempat melakukan penyelidikan atas praktik monopoli yang diduga dilakukan Alibaba. Pihak perusahaanpun menyatakan siap bekerja sama dengan regulator dan memastikan operasional perusahaan tetap berjalan normal.

Tak hanya Alibaba, nama Ant Group pun turut terseret. Perusahaan itu diundang untk melakukan bimbingan dengan otoritas China. Kabarnya pertemuan soal penerapan pengawasan keuangan, kompetisi yang adil, dan melindungi hak serta kepentingan para konsumen.

Source link

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210104131906-37-213321/fakta-jack-ma-pria-berharta-rp-854-t-hilang-ditelan-bumi

Continue Reading