Connect with us

Sains & Teknologi

Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Kini Punya Teman Hidup

Published

on

Jakarta, CNN Indonesia —

Seekor gajah yang dijuluki ‘paling kesepian di dunia’ dilaporkan telah melakukan kontak dengan spesiesnya yang lain untuk pertama kalinya dalam kurun waktu delapan tahun.

Gajah bernama Kaavan, telah dipindahkan ke tempat perlindungan baru di Kamboja setelah penyanyi yang juga aktris asal Amerika Serikat (AS) Cher berkampanye agar dia diselamatkan. Berkat bantuan Cher, Kaavan dipindahkan setelah mendekam sendirian di kebun binatang Pakistan selama bertahun-tahun.

Kaavan telah menghabiskan 35 tahun di Kebun Binatang Marghazar di Islamabad yang dinilai tidak layak huni dan telah sendirian sejak pasangannya mati pada tahun 2012.





Mengutip Sky News, setibanya di Cagar Alam Kamboja, gajah berusia 36 tahun dengan berat 9.000 pon atau 4.000 kilogram itu langsung melakukan kontak dengan gajah lain menggunakan belalainya.

Melansir New York Post, Kaavan menderita masalah kesehatan mental setelah kehilangan pasangan hidupnya. Sebagaimana diketahui gajah dikenal sebagai hewan sosial yang butuh hidup berkelompok 

Kaavan sering terlihat membuang kepalanya dari satu sisi ke sisi lain, yang merupakan tanda bahwa ia bosan dan sengsara.


In this photo provided by Four Paws, the trunk of an Asian elephant named Kaavan, left, touches the trunk of another elephant at the Kulen Prom Tep Wildlife Sanctuary in Oddar Meanchey, Cambodia Tuesday, Dec. 1, 2020. Kaavan, dubbed the world's loneliest elephant after living alone for years in a Pakistani zoo, has captured worldwide attention, has now moved to a sanctuary that houses other pachyderms. (Four Paws via AP)Kavaan, gajah yang tak lagi kesepian. (Four Paws via AP)

Saat kebun binatang Kaavan di Pakistan diminta tutup karena sudah bobrok, petugas penyelamat hewan membantu sang gajah untuk dipindahkan ke suaka margasatwa di Kamboja Utara. Proses pemindahan itu memakan biaya sekitar Rp5,6 Miliar.

Karena pemindahan Kaavan butuh jalur udara, para ahli hewan melatihnya selama tiga bulan untuk tau cara masuk dan keluar kandang dengan aman. Kaavan pun diklaim aman selama perjalanan di pesawat hingga tiba di rumah bandara Kamboja. Kaavan juga disebut telah lolos tes Covid-19.

Setibanya di bandara, Kaavan masih harus berkendara lagi selama 90 menit lagi untuk tiba di Cagar Alam Siem Reap Kamboja. 

“Kaavan sedang makan, tidak stres, dia bahkan sempat tidur sebentar, berdiri bersandar di dinding kandang. Dia berperilaku seperti sudah sering terbang,” kata Amir Khalil, dokter hewan Four Paws.

Cher telah menulis lagu yang mendesak agar Kaavan dibebaskan dari kondisi yang suram dan terisolasi di Kebun Binatang Islamabad. Cher yang juga mendokumentasikan kisah Kaavan mengaku bangga bisa menjadi bagian dari upaya pembebasan seekor gajah yang telah dibelenggu di kandang selama 17 tahun.

Puluhan pekerja satwa liar dan ahli yang dipimpin oleh Four Paws menggunakan kerekan dan tali untuk menarik gajah yang telah dibius ke dalam kandang sebelum ia dimasukkan ke dalam pesawat kargo buatan Rusia.

Para penjaga Kaavan membawa lebih dari 200 kilogram makanan termasuk pisang dan melon untuk membuatnya sibuk selama perjalanan.

(dal/DAL)

[Gambas:Video CNN]




Source link

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201202130418-199-577052/kaavan-gajah-paling-kesepian-di-dunia-kini-punya-teman-hidup

Continue Reading