Connect with us

Wisata

Negeri-negeri di Atas Awan di Indonesia

Published

on

Apalagi.ID, Travel – Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mobil yang dikemudikan melaju tenang di jalanan yang diselimuti kabut tipis, sejauh mata memandang hanya hamparan warna putih ? Itu yang pernah penulis alami saat menelusuri jalanan trans Sulawesi dari Makasar hingga Menado bertahun yang lalu. Apakah terdengar seperti berjalan di atas awan ?

Destinasi wisata yang menawarkan sensasi seperti di atas awan bertaburan di negeri ini, salah satunya adalah negeri di atas awanyang ada di Gunung Luhur Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Destinasi wisata ini hanya berjarak 3 jam dari Jakarta, tepatnya di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, yang masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Pesona panorama hamparan awan dilihat dari atas gunung dijamin akan memanjakan mata Anda.
Selain di Gunung Luhur Banten, ada beberapa wisata negeri di atas awan yang menawarkan panorama yang sama, yakni hamparan awan di ketinggian. Kita juga akan cek secuil pesona negeri di atas awan yang ada di pulau Sulawesi seperti yang telah saya gambarkan di atas.

Dataran tinggi Dieng

Dieng

Kita mulai perjalanan dari dataran tinggi Dieng. Siapa yang tak pernah dengar nama besar Dieng ? Butuh waktu sekitar 1 jam untuk menyusuri jalanan yang menjank sampai di kawasan Dieng dari kota Wonosobo. Jika sudah sampai di Tugu Selamat Datang, Anda sudah tiba di ‘negeri di atas awan’. Di kawasan tersebut pengunjung bisa melihat langsung hamparan Gunung Sindoro.

Beberapa obyek wisata alami yang populer dikunjungi seperti kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Jalatunda, dan Museum Kaliasa.

Wisata itu, terutama Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Gancik Hill Top Kota Boyolali

Gancik Hill Top

Destinasi dengan panorama menakjubkan selanjutnya adalah Gancik Hill Top yang ada di Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Carilah landmark tulisan Gancik Hill Top, puncak Gunung Merbabu yang diselimuti awan putih pun siap menyapa Anda. Dinginnya hawa di sana seakan teralihkan oleh panorama sekitar yang menakjubkan.

Gancik Hill Top memilki latar lanskap Kota Boyolali, Kota Magelang, dan Gunung Merbabu. Di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas paralayang.

Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Selo juga telah membuat lintasan trek yang terbuat dari bambu yang terdiri dari menara pandang, Jembatan Langit, hingga berakhir di landmark Gancik dengan latar belakang puncak Gunung Merbabu.

Pages: 1 2 3 4