Connect with us

Sains & Teknologi

Observatorium Bosscha Gelar Pengamatan Gerhana Bulan di Lembang dan Kupang

Published

on

TEMPO.CO, Bandung – Observatorium Bosscha menggelar pengamatan gerhana bulan purnama supermoon pada Rabu, 26 Mei 2021. Lokasinya di observatorium Lembang dan di Kupang. “Untuk acara kali ini kami akan dedikasikan untuk kegiatan pendidikan publik,” kata Yatny Yulianty, peneliti di Observatorium Bosscha, Selasa, 25 Mei 2021.

Tim Bosscha menyiapkan siaran langsung gerhana itu dari dua lokasi pengamatan lewat Internet. Pengamatan juga akan disertai diskusi ringan seputar gerhana bulan. Diskusi tersebut mendatangkan narasumber dari Kelompok Keahlian program studi Astronomi ITB Ferry M. Simatupang, astronom Observatorium Bosscha Muhammad Yusuf, dan dosen dari Universitas Nusa Cendana Andreas Ch. Louk, dan astronom amatir Zulkarnain.

Menurut Yatny, keistimewaan gerhana bulan purnama 26 Mei 2021, yaitu akan bertepatan dengan posisi Bulan yang berada pada jarak terdekat dari Bumi. “Pada saat itu ukuran piringan Bulan bisa tampak lebih besar 14 persen dan lebih terang 30 persen dari purnama biasanya,” kata dia. Fenomena itu disebut juga dengan istilah supermoon.

Selain edukasi ke publik, tim Bosscha tidak menjadikan pengamatan gerhana itu sebagai bahan penelitian. Pengamatan itu merupakan bagian dari program acara Pengamatan Virtual Langit Malam sebagai pengganti layanan publik ke Observatorium Bosscha yang ditutup selama pandemi Covid-19.

Program itu disiarkan secara langsung melalui internet seperti Youtube dan platform lainnya. Observatorium juga bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana di Kupang, Nusa Tenggara Timur, komunitas pecinta astronomi Pecinta Langit Timur (Pelati), dan astronom amatir.

Menurut Yatny, pengamatan gerhana bulan di Kupang lebih mudah dilakukan dan potensi terlihatnya lebih besar. Alasannya karena posisi bulan sudah lebih tinggi dan cuaca lebih cerah daripada di Bandung.

Publik dapat menyaksikan pengamatan gerhana bulan itu di kanal YouTube Bosscha Observatory dan Slido mulai pulul 17.00 WIB. Masyarakat dapat mengikuti sesi diskusi interaktif seperti memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mengikuti poling. Untuk dapat bergabung di Slido, masyarakat dapat mendaftar secara gratis melalui https://bosscha.itb.ac.id/id/layanan/pvlm/ mulai hari Selasa (25/05/2021) pukul 19.00 WIB dan terbatas hanya untuk 700 orang.

Baca:
Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Besok, Ini Saran dari BMKG



Source link

https://tekno.tempo.co/read/1465611/observatorium-bosscha-gelar-pengamatan-gerhana-bulan-di-lembang-dan-kupang

Continue Reading