Connect with us

Sains & Teknologi

Sisa Hujan Meteor ‘Fireball’ Taurid Utara Sampai Desember, Aktif Lagi 2022

Published

on

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu hujan meteor paling eksplosif tahun ini baru saja melewati puncaknya, tetapi masih sangat aktif, dan menjadi kabar baik bagi yang belum menyaksikannya. Hujan meteor Taurid Selatan dan Utara masih aktif hingga sekarang, dan menghasilkan banyak kilauan berbentuk bola api (fireball) yang menerangi langit.

Menurut American Meteor Society (AMS) Taurid Selatan telah mencapai puncaknya, tapi masih bisa berkontribusi pada jumlah bola api secara keseluruhan. Sedang Taurid Utara kemungkinan telah mencapai aktivitas maksimum per Rabu malam, 11 November 2020, dan akan berlangsung hingga awal Desember nanti.

Taurid diproduksi oleh puing yang ditinggalkan oleh Komet 2P/Encke setiap tahunnya. Debu ekor komet itu mungkin terlihat terbakar di atmosfer sebagai ‘bintang jatuh’, sementara bongkahan batu luar angkasa yang lebih besar dapat menghasilkan bola api yang lebih dramatis.

Taurid tidak seterkenal hujan meteor lainnya seperti Perseids atau bahkan Leonids, yang juga aktif November. Taurid tidak menghasilkan per jam sebanyak hujan meteor yang lebih terkenal itu, tapi Taurid terkenal karena umumnya menambahkan jumlah bola api ke langit malam pada akhir Oktober dan awal November. 

Kira-kira setiap tujuh tahun, Taurid akan sangat aktif dan kita tidak akan melihatnya lagi hingga 2022. Namun, di sisa tahun ini masih bisa melihat beberapa ‘bintang jatuh’ dan bahkan mungkin bola api per jam jika menjelajah sekitar tengah malam dengan kondisi ideal.

Masyarakat dapat melihatnya lebih awal pada malam, jika kemungkinannya kecil. Menjelang senja juga mungkin bisa melihat ’penggembala bumi’ yang langka di sepanjang cakrawala. 

Kapan pun pergi berburu Taurid, mulailah dengan menjauh dari polusi cahaya sejauh mungkin dan temukan tempat dengan pemandangan langit yang luas dan tidak terhalang. Lalu berbaring saja, biarkan mata menyesuaikan, rileks, dan perhatikan. 

Baca juga:
Hujan Meteor Taurid, Leonid, dan Monocerotid ‘Siram’ Bumi Bulan Ini

Bintang Taurid dapat muncul dari dekat konstelasi Taurus si banteng, yang juga berada di sebelah gugus bintang terkenal, Pleiades. Taurus dapat terlihat di bagian lain langit malam, tapi umumnya mereka akan menjauh dari Taurus. 

CNET | AMS



Source link

https://tekno.tempo.co/read/1405039/sisa-hujan-meteor-fireball-taurid-utara-sampai-desember-aktif-lagi-2022

Continue Reading