Connect with us

Sains & Teknologi

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Hujan Abu Gunung Raung, Pandemi 7 Tahun Lagi

Published

on

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang hujan abu tipis Gunung Raung menyelimuti sejumlah daerah di Kabupaten Banyuwangi, Minggu, 7 Februari 2021. Hal ini sebagai dampak dari erupsi gunung api dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut itu.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Ikan di Laut Bernyanyi, Myanmar Blokir Facebook

Berita terpopuler selanjutnya tentang pandemi virus corona akan berlangsung selama tujuh tahun lagi dengan tingkat vaksinasi saat ini di seluruh dunia, menurut kalkulator vaksinasi Bloomberg.

Selain itu, tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang didukung anggota TNI dan Polri telah berhasil mengatasi ancaman dua harimau lepas dari kandangnya di kebun binatang di Singkawang, Kalimantan Barat.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Hujan Abu Gunung Raung Selimuti Banyuwangi

Gunung Raung tertutup awan terlihat dari Desa Garahan, Silo, Jember, Jawa Timur, Kamis, 21 Januari 2021. Status Gunung Raung naik dari level I atau normal menjadi level II atau waspada karena mengalami erupsi kecil sejak dua pekan lalu. ANTARA/Seno

Hujan abu tipis Gunung Raung menyelimuti sejumlah daerah di Kabupaten Banyuwangi, Minggu, 7 Februari 2021. Hal ini sebagai dampak dari erupsi gunung api dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut itu.

Warga mendapati halaman rumah hingga kendaraan milik mereka terdampak hujan abu yang berwarna hitam pekat. Arum Anugrah, salah seorang warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, mengatakan, teras depan rumah miliknya dipenuhi dengan abu vulkanik yang cukup tebal. Warga juga merasakan perih di mata saat berkendara.

“Waktu keluar rumah, teras depan sudah dipenuhi abu Raung. Kendaraan yang saya parkir juga sudah banyak abunya,” kata Arum, Minggu pagi.

Hujan abu tipis ini juga dirasakan warga yang sedang berada di Ketapang, Kecamatan Kalipuro, sejak kemarin. Mereka mengaku merasakan debu vulkanik. “Meja ini baru saya bersihkan 15 menit lalu, debunya sudah banyak lagi sekarang. Ini sudah sejak kemarin siang. Lantai juga kelihatan kotor sekarang,” ujar Anang, warga Ketapang.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung, Burhan Alethea, mengatakan kolom asap erupsi Gunung Raung mencapai 1.000 meter di atas puncak. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

2. Pandemi Virus Corona Berlangsung 7 Tahun Lagi dengan Tingkat Vaksinasi Saat Ini

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk warga Ribeirinhos atau penghuni sungai di Manacapuru, negara bagian Amazonas, Brazil, 1 Februari 2021. Brazil sedang berjuang untuk mendapatkan akses ke lebih banyak vaksin untuk melawan wabah Covid-19. REUTERS/Bruno Kelly

Pandemi virus corona akan berlangsung selama tujuh tahun lagi dengan tingkat vaksinasi saat ini di seluruh dunia, menurut kalkulator vaksinasi Bloomberg.

Waktu selama itu diperlukan untuk mencapai perkiraan Dr Anthony Fauci untuk ambang kekebalan kelompok dari 75 persen orang yang diinokulasi secara global.

Menurut perhitungan itu, lebih dari 4,5 juta vaksin Covid-19 diberikan setiap hari, dengan total 119,8 juta suntikan telah diberikan di seluruh dunia.

Sejauh ini AS telah memvaksinasi 8,7 persen dari populasinya, pada tingkat 1,3 juta suntikan yang diberikan setiap hari. Setelah awal yang lambat, peluncurannya meningkat dan mencatat rekor 1,7 juta orang divaksinasi pada hari Kamis, 4 Februari 2021.

Meskipun berada di peringkat keenam di dunia untuk kecepatan vaksinasi, AS diprediksi akan mencapai kekebalan kawanan tepat pada Tahun Baru 2022.

Tetapi semua ini tergantung pada apakah vaksin tersebut efektif terhadap varian seperti yang muncul di Afrika Selatan dan Brasil, yang tampaknya mengurangi potensi suntikan itu.

3. Polisi: Perawat Kuda Tewas Diserang Harimau Lepas di Singkawang

Petugas gabungan dari BKSDA Kalimantan Barat dan TNI/Polri saat melumpuhkan satu harimau yang lepas dari Sinka Zoo, Singkawang, dan mengevakuasinya, Sabtu 6 Februari 2021. ANTARA/HO-Aspri

Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang didukung anggota TNI dan Polri telah berhasil mengatasi ancaman dua harimau lepas dari kandangnya di kebun binatang di Singkawang, Kalimantan Barat. Diketahui lepas pada Jumat malam, harimau-harimau itu ditemukan kembali dan dilumpuhkan masing-masing pada Sabtu ini, 6 Februari 2021.

Harimau yang pertama, kuning dan berusia 1,5 tahun, terpaksa ditembak mati menggunakan peluru tajam. Sedang yang kedua, putih dan berusia satu tahun, berhasil dilumpuhkan menggunakan peluru bius.

Kapolres Singkawang, Ajun Komisaris Besar Prasetiyo Adhi Wibowo mengungkap pertimbangan digunakannya peluru tajam dalam pencarian dan evakuasi tersebut. Pertama, disebutkannya, penggunaan peluru bius kepada harimau kuning tak berhasil. “Tidak bisa menembus ke badannya,” kata Adhi.

Pertimbangan kedua, informasi dari tim BKSDA bahwa naluri alami harimau-harimau muda itu sebagai satwa yang buas sudah tampak. Adhi mengatakan, kedua harimau telah menjebol beberapa kandang satwa lain di Sinka Zoo kemudian memangsa penghuninya.

“Sehingga dikhawatirkan harimau tersebut bisa membahayakan masyarakat yang ada di sekitar Sinka Zoo,” kata dia. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.



Source link

https://tekno.tempo.co/read/1430659/top-3-tekno-berita-hari-ini-hujan-abu-gunung-raung-pandemi-7-tahun-lagi

Continue Reading