Connect with us

Sains & Teknologi

Uji Coba Vaksin Covid-19 Buatan LIPI ke Hewan pada Kuartal III 2021

Published

on

TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berencana menguji coba vaksin Covid-19 buatannya ke hewan pada kuartal ketiga 2021.

Baca:
Tenaga Kesehatan Wafat Setelah Vaksinasi, Ketua Tim Riset Duga Akibat Penyakit 

Jika uji coba itu berhasil, calon vaksin LIPI itu akan diproduksi dalam jumlah yang lebih besar. “Kemudian dapat dilakukan uji klinis kepada manusia,” kata Wien Kusharyoto, Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI lewat keterangan tertulis, Selasa 23 Februari 2021.

LIPI kini sedang melakukan proses penelitian pembuatan vaksin yang telah dimulai sejak Juni 2020. Prosesnya diawali dengan mendesain sandi protein dan gen penyandinya berbasis pada sekuen dan struktur protein spike dari virus SARS-CoV-2 itu sendiri.

Setelah itu, dilakukan transfeksi atau transfer gen ke dalam sel. Selanjutnya membiakkan sel agar memproduksi protein rekombinan kandidat vaksin. “Sel yang digunakan oleh LIPI ini bernama sel CHO atau Chinese Hamster Ovary,” ujarnya. Tahapan itu mirip dengan proses produksi vaksin Sinovac.

Indonesia melalui Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengembangkan vaksin Merah Putih sebagai bentuk untuk kemajuan dan kemandirian bangsa. Penggarapnya sejauh ini oleh enam lembaga dan universitas.

Mengutip dari laman LIPI, Universitas Airlangga mengembangkan Adenovirus dan Adeno-Associated Virus-Vector Based & Peptide Vaccine, Institut Teknologi Bandung dengan Adenovirus, Universitas Gajah Mada dengan pengembangan protein rekombinan.

Pengembangan vaksin Covid-19 dari Universitas Indonesia dengan DNA, mRNA, Virus-Like-Particles dan Lembaga Eijkman mengembangkan Platform Subunit protein rekombinan mamalia based dan yeast based. LIPI sendiri mengembangkan dengan berbasis protein rekombinan fusi.

Riset vaksin LIPI itu berbasis pada dua sel inang, yaitu berbasis sel mamalia dan sel ragi. “Diharapkan imunogenesitas dari kandidat protein vaksin yang kami kembangkan akan dapat ditingkatkan,” kata Wien.

ANWAR SISWADI



Source link

https://tekno.tempo.co/read/1435882/uji-coba-vaksin-covid-19-buatan-lipi-ke-hewan-pada-kuartal-iii-2021

Continue Reading