Connect with us

Sains & Teknologi

Vaksinasi Tak Selesai 3,5 Tahun

Published

on

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perdagangan M. Lutfi mengatakan bahwa vaksinasi dunia tidak bisa selesai dalam waktu 3,5 tahun. Sebab, jumlah dosis vaksin kurang banyak dibandingkan jumlah penduduk.

“Kita tidak akan menyelesaikan vaksinasi selama 3,5 tahun,” ujarnya dalam Rakernas Hipmi, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya, jumlah penduduk dunia saat ini sebanyak 7,7 miliar dan jumlah yang harus mendapatkan vaksin adalah 70% agar tercapai herd imunity. Artinya 5,5 miliar orang di dunia harus di vaksin.


Adapun jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan untuk vaksinasi 5,5 miliar penduduk tersebut adalah 11 miliar. Sebab, vaksin dilakukan dua kali kepada setiap orang.

Sedangkan jumlah dosis vaksin yang tersedia di dunia hanya 6 miliar dan itu sudah termasuk vaksin untuk TBC dan juga Polio. Ini lah yang dinilai menjadi penyebab vaksinasi dunia tidak akan bisa selesai dalam 3,5 tahun.

“Kalau hanya separuh untuk mencapai 11 miliar, sekali lagi kita tidak akan menyelesaikan vaksin selama 3,5 tahun,” kata dia.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar vaksinasi di Indonesia bisa selesai dalam satu tahun. Ia pun meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar mempercepat proses vaksinasi.

“Saya juga telah perintahkan proses vaksinasi kurang lebih kepada 181,5 juta rakyat indonesia bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2021 ini,” ujar Jokowi beberapa waktu lalu yang dikuti dari Youtube Sekretariat Presiden.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)


Source link

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210305160420-37-228168/vaksin-terbatas-mendag-vaksinasi-tak-selesai-35-tahun

Continue Reading